Sunday, November 27, 2011

Penjaga Toilet Umum

Sengaja pake kata toilet biar lebih elit gitu ketimbang kata WC. Jadi ceritanya gini, beberapa waktu lalu aku ke Jakarta. Yah sedikit sombong, biar keliatan aku bisa keluar kota gitu gak stay at Jogja aja. Ok, stop sampe di sini dan kembali ke toilet tadi. Rada gak enak banget ya ngomongin toilet. Apalagi toilet umum, dengan berbagai karakter orang yang telah menggunakan toilet itu. Ya kalo orang yang pake toilet itu tahu kebersihan, kalo enggak?! Pokoknya toilet lagi menginspirasi otakku. #beuh

Di salah satu statiun di Jakarta, aku tanpa sengaja ngeliat mas mas yang duduk di depan toilet, toilet umum lebih tepatnya. Bisa dibilang sey penjaga toilet umum. Dengan pakaian apa adanya, bahkan cuma pake singlet celana pendek. Dengan pede dan gagah berani mas mas itu menjalankan tugasnya sambil ditemani radio yang segede gaban, lagu dangdut pula yang disetelnya. Intinya profesi yang menurutku gak biasa. Apa gak jijik, keseharian suntuk berada di deket atau malah di samping persis toilet. Nongkrong di situ, tidur di situ, minum di situ, dan... makan juga di situ. Padahal kan yang namanya toilet, apalagi untuk umum pasti gak mungkin enggak muncul bau-bau yang menyegarkan. Belum lagi suka muncul bunyi-bunyian yang misterius.

Secara gak langsung, aku mengakui salut buat abang-abang, mas-mas, eh apa sey sebutan yang pas buat orang yang berprofesi sebagai penjaga toilet umum?! Sebenernya cukup ngebantu juga sey, coba aja kalo gak ada toliet umum. Sedikit menghargai sey, menghargai buat kebersihan toilet. Kalo gak ada abang-abang yang jagain toilet, mungkin toilet itu gak tahu de apa bentuknya. Walaupun toilet masih kotor juga, meski ada penjaga toiletnya. Itu sey gak tahu juga ya, rada jengkel juga. Udah suruh bayar, tapi disuguhi toilet yang gak bersih. Oiya, kadang ada juga yang nyambi jualan, sambil jaga toilet umum sambil jualan de. Wah, jadi inspirasi usaha banget ney. Gak usah dibayangin. Ini baru toiletnya, belum yang dalem-dalemnya. Enough, sampe di sini aja ngomongin toiletnya. Rada gak enak banget, apalagi ngomongin toilet sambil makan. Iye, iye, cukup, cukup!! Aku sudahi ngomongin tentang toilet.


...

2 comments:

  1. hahahaa postingamu lucu2, seneng bacanya

    ReplyDelete
  2. Thank u, dukung terus aku ya untuk bisa nulis yg lebih baik lg. #halah :)

    ReplyDelete

Monggo